Dirjen Pendis: Pendidikan di Pesantren Merupakan Alternatif Pilihan Terbaik

loading...
Berikut informasi tentang "Dirjen Pendis: Pendidikan di Pesantren Merupakan Alternatif Pilihan Terbaik " semoga bermanfaat bagi para pembaca setia AGENDA GURU khususnya Bapak/Ibu Guru di seluruh Indonesia.

Berikut ulasannya:


Pendidikan di pesantren merupakan alternatif terbaik saat ini. Meski sebagai lembaga dakwah dan pendidikan, pesantren sangat mungkin memberikan kompetensi keterampilan lain.

Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin dalam keterangan tertulisnya menyatakan para santri sangat mungkin diberi tambahan kompetensi berupa keterampilan lain atau keterampilan khusus karena sistem pendidikan di pesantren berlangsung 24 jam.

( Baca juga: Mendikbud Melihat Ada Gejala Memudarnya Rasa Hormat Murid Terhadap Guru )

Tambahan kompetensi keterampilan itu sangat penting sebab tidak semua lulusan pesantren menjadi ulama atau ustaz. "Mereka bisa dibekali dengan beragam keterampilan seperti agrobisnis, teknologi informasi (TI), dan kemaritiman," katanya.

Dalam upaya mewujudkan pendidikan tambahan itu, ada dua hal yang harus dilakukan. Pertama, pesantren harus merevitalisasi diri menjadi pendidikan yang cocok dengan industri.

Kedua, pesantren harus bisa bersinergi dengan lembaga keuangan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal agar bisa membaca ke mana arah investasi sehingga bisa menyiapkan SDM ke arah itu.

( Baca juga: Pentingnya Mempelajari Adab Sebelum Kita Mempelajari Ilmu )

Sementara itu, dari sisi kebijakan, Kementerian Agama harus bekerja sama dengan kementerian lainnya dalam mengembangkan pesantren.

Dikemukakan, saat ini jumlah pesantren secara nasional mencapai 28.961 dengan 322.328 tenaga pendidik dan 4.028.660 peserta didik atau santri.

Dari jumlah itu, sebanyak 15.057 (51,9%) hanya menyelenggarakan pengajian kitab (tradisional), sedangkan sisanya, 13.904 (48.01 persen), selain menyelenggarakan pengajian, memberikan layanan pendidikan lain (modern).

( Baca juga: 10 Pondok Pesantren Tertua dan Terbaik di Jawa Timur )

Yang menarik, ujar Kamaruddin, identitas kesantrian berupa kopiah dan sarung bukan lagi merupakan identitas marginal, melainkan sudah menjadi komunitas yang bergengsi. (Media Indonesia)

(TRK)

Sumber: metrotvnews

Sekian informasi tentang "Dirjen Pendis: Pendidikan di Pesantren Merupakan Alternatif Pilihan Terbaik", jangan lupa LIKE/FOLLOW media sosial kami lainnya untuk mendapatkan update informasi terbaru setiap saat.

loading...
Dirjen Pendis: Pendidikan di Pesantren Merupakan Alternatif Pilihan Terbaik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agenda Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar