Cara Tarik Data Peserta Didik Online Dapodik Tahun 2016

Berikut tentang Cara Tarik Data Peserta Didik Online Dapodik Tahun 2016 yang tentunya akan sangat bermanfaat sekali bagi rekan-rekan Operator Sekolah yang hendak memasukkan data siswa dari sekolah sebelumnya misal Operator Sekolah SMP hendak memasukkan data Peserta Didik baru yang berasal dari SD tanpa perlu memasukkan kembali data siswa/ peserta didik satu persatu lagi.

Dengan cara ini selain meminimalisir kekeliruan input data juga akan meringankan kerja Operator Sekolah yang hendak memasukkan data siswa/ peserta didik baru tahun 2016.

Cara Tarik Peserta Didik Online Dapodikdas :
  1. Silahkan login dengan memilih akun Operator Sekolah (Pojok Kanan Atas) melalui link beikut: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  2. Klik tombol "Tarik Peserta didik" pada menu yang terdapat disidebar kiri aplikasi

  3. Masukkan alamat sekolah asal siswa Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, dan Sekolah (bukan sekolah yang dituju)
  4. Pada tabel peserta didik dibawahnya, masukkan salah satu data NISN/Nama Siswa/Nama Ibu Kandung dan selanjutnya klik tombol "CARI PESERTA DIDIK"
  5. Klik tombol panah (Biru) agar data peserta didik masuk pada tabel konfirmasi
  6. Selanjutnya klik tombol "Konfirmasi"
  7. Terakhir lakukan sinkronisasi aplikasi dapodikdas sekolah, maka secara otomatis data siswa baru akan terinput di aplikasi dapodikdas.
Catatan:
Data siswa/ Peserta didik yang hendak diambil atau ditarik data nya ke aplikasi Dapodik sekolah yang baru/ sekolah tujuan data siswa bersangkutan sudah dikeluarkan/ sudah diluluskan pada aplikasi dapodik sekolah asal. Untuk itulah diperlukannya kesabaran dan diupayakan juga adanya kordinasi dengan Operator Sekolah asal siswa sebelumnya.

Selain itu dengan menggunakan metode tarik data peserta didik aplikasi dapodik ini, menghindari adanya duplikasi atau NISN ganda pada siswa sehingga jika terjadi demikian tentu malah merepotkan Operator Sekolah bersangkutan.

Untuk mengetahui siswa telah dikeluarkan dari sekolah asal atau belum juga bisa dengan melakukan pengecekan apakah sekolah asal tersebut telah melakukan sinkronisasi Dapodikdas 2016 atau belum melalui laman status progress sinkronisasi sekolah dengan memilih Provinsi, Kabupaten, dan Kecamatan sesuai alamat asal sekolah peserta didik yang akan dicek melaui link berikut:
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/progres

*) Klik pada salah satu link provinsi dan seterusnya hingga ditemukannya asal sekolah siswa/peserta didik.

Informasi menganai  Cara Tarik Data Peserta Didik Online Dapodik Tahun 2016, dan informasi lengkap seputar Dapodik lainnya bisa dibaca di: http://operatorsekolahtamankrocok.blogspot.com

Sekian dan semoga bemanfaat.
Cara Tarik Data Peserta Didik Online Dapodik Tahun 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agenda Guru

2 komentar:

Arin Aja mengatakan...

Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat.

Syifa Rahma mengatakan...

bagus

Poskan Komentar